Cara Import Blogger ke Wordpress

Cara Import Blogger ke Wordpress. Akhirnya menyempatkan kembali menulis di blog ini setelah sebelumnya memindahkan semua isi blog ke subdomain MasBied.com. Bagi kamu yang dah terbiasa blogging di blogger.com mungkin merasa nyaman dengan segala apa yang ada di dashboard. Namun bagi yang dah terbiasa bekerja dengan wordpress, pilihan import blogger ke wordpress bisa jadi sebuah keharusan.

Saya memutuskan untuk memindahkan keseluruhan isi blog ini ke subdomain saya salah satunya karena saya merasa lebih mudah untuk memanage blog di wordpress. WordPress.com adalah CMS paling top di seantero jagad. Selain gratis (meskipun blogger.com juga gratis), wordpress memiliki keunggulan dikarenakan adanya plugin yang membantu kerjaan menjadi lebih mudah.
Ngerti plugin ndak?! Hehe .. Plugin itu bisa dimisalkan kalo dalam sebuah komputer adalah sebuah software di luar Operation System. Jadi plugin itu bisa dipasang dan dilepas sesuka hati. Nah, plugin ini dibuat dan dirancang oleh ribuan programmer yang bekerja secara sukarela untuk kemajuan wordpress. Plugin ini sendiri fungsinya beraneka rupa. Pokoknya hampir semua kebutuhan blogging dipenuhi oleh adanya plugin ini.
Ambil saja contoh plugin Safe & Replace. Sebuah plugin yang berfungsi untuk mencari dan mengganti seluruh fields yang ada di dalam mesin wordpress kamu. Anggap saja setelah saya berhasil melakukan import ternyata banyak link di postingan yang broken. Otomatis lah ... Kan kita baru saja mindahin blogger ke wordpress self hosting. Berarti banyak link artikel blogger yang masih ngikut. Nah, plugin ini dapat membantu mencari dan mengganti alamat link hanya dengan sekali dua kali klik. Gak kebayang kan kalo mesti ganti manual setiap link dalam postingan yang jumlahnya bejibun. 
Nah, itu dia enaknya wordpress. Ribuan plugin disediakan gratis. Dengan fungsi yang beraneka ragam. 
Untuk kesempatan kali ini, saya akan sedikit berbagi tentang bagaimana cara memindahkan blogger ke wordpress. Sebelumnya saya sendiri merasa sedikit ragu untuk mengimportnya. Dulu sih pernah ngimport, tapi itu dari wordpress.com ke wordpress self hosting. Setidaknya mereka masih satu platform. Nah demi perkembangan sebuah pengetahuan (jiah ...) akhirnya saya nekad memindahkan blog http://meetabied.blogspot.com saya ke subdomain http://dewi.masbied.com. Sama-sama gratis sih ... 
Untuk dapat memindahkan blogger ke wordpress self hosting, saya anggap kamu sudah nginstall wordpressnya. Jadi stepnya hanya sisa mengimport saja.
Enaknya wordpress, ada pilihan Import dari blogger ke wordpress hanya dengan beberapa kali klik. Ikuti langkah berikut :
  1. Login dulu ke akun blogger kamu. Ini untuk memudahkan proses authority nantinya.
  2. Login ke akun WordPress kamu, dengan menggunakan username dan password yang kamu miliki.
  3. Di bagian sidebar Dashboard, pilih Tools > Import. 
  4. Pilih asal tempat ngeblog kamu. Karena kita mau ngimport dari blogger, otomatis kita pilih 'blogger' yang ada di bagian paling atas menu.
  5. Setelahnya ada pilihan pop up untuk menginstall plugin importer. Pilih saja 'Install Now' agar pluginnya dapat diinstall dengan segera. Plugin inilah yang nantinya akan membantu kita memindahkan keseluruhan isi posting dan komentar, serta kategori yang ada dari blogger kamu.
  6. Setelah terinstall, kamu akan diminta untuk memberikan authority. Karena tadi kita dah login di blogger, berarti tinggal memberikan izin wordpress untuk mengimport semua posting dari akun blogger kita. 
  7. Tunggu hingga selesai.
Nah ... Kelar deh ... Dalam hitungan menit postingan kamu semuanya akan berpindah ke wordpress. Asyik kan ...
Untuk selanjutnya, langkah yang perlu kamu lakukan adalah membuat blog baru kamu segar, dikenali oleh mesin pencari dan tidak mengalami broken link. Pada tutorial selanjutnya saya akan berbagi lagi. Terima kasih kunjungannya.

Subscribe to receive free email updates: