Proposal Skripsi Keperawatan Gratis

Hi sahabat ... Kali ini saya akan berbagi tentang Proposal Skripsi Keperawatan Gratis. Untuk artikel kali ini saya hanya akan memberikan pembahasan pada Bab I, untuk bab II, III dan IV akan saya publish pada artikel berikutnya. Selamat membaca ...



BAB  1
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pembangunan kesehatan Indonesia diwujudkan dalam visi Indonesia sehat 2010, salah satu misi pembangunan kesehatan adalah “memelihara dan meningkatkan kesehatan individu, keluarga, dan masyarakat beserta lingkungannya. Untuk terselenggaranya tugas ini upaya kesehatan yang  harus diutamakan adalah yang bersifat promotif dan preventif yang didukung oleh upaya kuratif dan rehabilitatif  serta diperlukan pula terciptanya lingkungan yang   sehat.
Perilaku masyarakat Indonesia sehat 2010 adalah proaktif dalam memelihara  dan meningkatkan kesehatan, mencegah terjadinya  resiko penyakit serta berpartisipasi aktif dalam gerakan kesehatan masyarakat. Lingkungan masyarakat yang diharapkan pada masa  depan adalah lingkungan yang kondusif bagi terwujudnya keadaan sehat yaitu pemukiman sehat, perumahan, dan sanitasi lingkungan yang memadai serta perencanaan kawasan yang berwawasan kesehatan. (Depkes RI, 1999 ).
Kebiasaan masyarakat yang kurang memperhatikan kebersihan lingkungan, khususnya kebersihan sarang nyamuk akan menimbulkan terjadinya transmisi penyakit DHF di masyarakat. Faktor-faktor yang mempengaruhi masyarakat terutama dalam menjaga kebersihan lingkungan di masyarakat akan menjadi lebih buruk apabila masyarakat sulit mendapatkan air bersih, sehingga cenderung untuk menyimpan air dalam tandon atau bak air yang menjadi tempat perindukan nyamuk.

Proposal Skripsi Keperawatan Gratis

Tingginya angka kematian karena penyakit DHF di Indonesia menempati urutan  ke-3 setelah penyakit infeksi usus dan tuberculosis. (Nasrul, 2002). Seluruh wilayah Indonesia mempunyai resiko terjangkitnya penyakit DHF. Menurut data dari  departemen kesehatan, penyakit ini bahkan telah endemis  di 650 kecamatan dan 116 kota kabupaten.  (Depkes RI, 1997).
Penyakit DHF merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus golongan albovirus yang ditularkan dengan perantara nyamuk aedes aegypti dan  sering menimbulkan wabah penyakit di masyarakat. Vaksin dan obat untuk mencegah penyakit DHF sampai saat ini belum ditemukan, oleh  karena itu untuk menanggulangi masalah penyakit DHF  diperlukan kerja sama dengan masyarakat. (Depkes RI, 1997).
Menurut Roy mendefinisikan lingkungan sebagai semua kondisi lingkungan yang mempengaruhi dan berakibat terhadap perkembangan perilaku seseorang.  Dengan pemahaman tentang lingkungan yang baik akan membantu masyarakat dalam mengurangi resiko akibat dari lingkungan sekitarnya. (Nursalam, 2002).
Pelaksanaan gerakan pemberantasan sarang nyamuk DHF dapat dikaitkan dengan program kebersihan lingkungan seperti gerakan 3K yaitu: kebersihan, keindahan, dan keamanan. Gerakan jum’at atau minggu bersih dan beberapa  kegiatan yang dapat memotivasi masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungannya sebagai upaya dalam membudayakan pemberantasan sarang nyamuk dengan memberikan penyuluhan kepada masyarakat dalam penang-gulangan penyakit DHF. Pengasapan dan abatisasi dapat dilakukan sebagai upaya terpadu dalam pencegahan penyakit DHF untuk mematikan jentik-jentik nyamuk.
B. MASALAH PENELITIAN
Dari uraian di atas, permasalahan yang dapat dirumuskan adalah faktor-faktor apakah yang dapat mempengaruhi masyarakat dalam mencegah penyakit DHF di masyarakat.
C. Tujuan Penelitian
1. Tujuan umum
Untuk mempelajari faktor-faktor yang mempengaruhi masyarakat dalam hal upaya mencegah  penyakit DHF.
2. Tujuan khusus
  1. Mengidentifikasi hubungan tingkat pendidikan masyarakat dengan praktek pencegahan penyakit DHF
  2. Mengidentifikasi hubungan sikap dan pengetahuan tentang penyakit DHF  dengan praktek  pencegahan penyakit DHF
  3. Mengidentifikasi hubungan lingkungan tempat tinggal masyarakat dengan praktek pencegahan penyakit DHF.
D. Manfaat Penelitian
1. Bagi masyarakat
Menambah pengetahuan masyarakat khususnya bagi penghuni perumahan tentang penyakit DHF dan cara pencegahan serta penularan penyakit DHF di masyarakat
2. Bagi instansi yang terkait
Dapat menjadi gambaran dan masukan dalam merencanakan program untuk mencegah terjadinya wabah penyakit DHF di masyarakat.
3. Bagi profesi keperawatan
Sebagai bahan pertimbangan dalam melakukan praktek pelayanan keperawatan komunitas. Profesi keperawatan komunitas dalam melakukan asuhan keperawatan perlu mengetahui faktor-faktor yang dapat berpengaruh dalam pencegahan penyakit DHF.  
Untuk membaca artikel lanjutannya silakan klik pada artikel terkait di bawah ini. Proposal Skripsi Keperawatan Gratis

Subscribe to receive free email updates: